Jumat, 08 November 2013

Wuss PWM GEN.HHO

Wuss Hydrogen Gas akan meluncurkan pengalaman2 mulai dari menggambar, mendisain , menguji dan sekaligus mempraktek-kan project yang oleh orang luar negeri sudah dibuat.
Karena penasaran harus jadi, walau ada juga kendala-kemdala berupa dana atau terbatasnya alat dan bahan untuk praktek. Tapi dengan semangat yang kuat kendala sedikit-demi sedikit segera tersingkirkan. Mudah-mudahan dengan semangat kita harus bisa mengurangi BBM yang mencemari lingkungan,  dengan cara membuat generator Hydrogen yang ramah lingkungan.
Berikut ini gambaran PCB yang aq rencanakan semoga bermanfaat bagi orang lain.
PCB yang aq buat ini adalah PCB untuk PWM dua IC LM555 dan MOSFET IRF640. Untuk MOSFET bisa dipakai 2 biji apabila arus yang diperlukan lebih besar dari perkiraan. Sehingga panasnya MOSFET terbuang melalui Heatsink (pendinginnya) tak terlalu panas.
Tegangan Listrik yang keluar dari alternator Sepeda motor kan tidak stabil. Sehingga dibuat penstabil tegangan dulu sebesar 15,5 Volt untuk mensuplai MOSFET , sedangkan untuk PWM dikasih IC Regulator 7812 dengan tapis kapasitor 100 nF sampai 200nF. Sehingga keluarannya stabil pada tegangan 12V. Apabila listrik yang keluar dari alternator kendaraannya bisa stabil 24 Volt, bisa dipakai untuk menyuplai MOSFET, akan tetapi PWM harus tetap 12V. PWM Ini sebenarnya hampir sama rangkaiannya dengan motor DC baik yang Brush DC atau Brushless DC.

4 komentar:

  1. sy dah buat tp blm memuaskan hslnya msh banyk gas yg langsung dr dioda bridg , apa munkin ada kesalahan ya brow?

    BalasHapus
  2. Banyak faktor untuk membuat generator yang baik dan keluar gas yang maks. Bisa dari PWM nya atau dari disain stainless steel nya bro

    BalasHapus
  3. kira2 plat yg pas buat motor , rankeannya yg model gimana brow?
    untuk sekarang sy pake kawat stenlees model lilitan, tlg minta contekannya ya brow.

    BalasHapus
  4. email sy " ahmadsulagi.as@gmail.com brow, kl udh jd pwmnya segera kasih kbr ya brow.....

    BalasHapus