Senin, 19 November 2012

Merancang PWM

Membuat/ merancang PWM, apa itu? Apa fungsinya?
Skema PWM banyak beredar di internet, cari yang mudah contohnya dengan IC555  dengan output pada kaki 3. Lihat datasheet LM555 seperti di bawah ini:
www.datasheetcatalog.com
dan skema PWM

Sebenarnya membuat generator Hydrogen tanpa PWM juga bisa bekerja menghasilkan Hydrogen.
Untuk jangka waktu pendek tak masalah, tapi jangka panjang akan bermasalah. Lhoo kenapa?
Listrik DC yang kontinyu akan manarik arus yang besar dan bisa-bisa jalurnya bisa korslet. Dari datasheet MOSFETdisebutkan arus drain yang kontinyu misalkan maksimal 30 A, tapi dengan pemakaian PWM akan menaikkan maksimal arus yang dipakai dalam kendaraan menjadi 50A untuk kendaraan mobil/ kendaraan roda empat. Untuk kendaraan roda dua biasanya dengan  MOSFET arus drain kira-kira 6A bisa memakai tipe IRF640.
Jadi untuk penerapan generator Hydrogen pada awalnya  tanpa PWM pada kendaraan sepeda motor kami, bila digeber dengan RPM yang lebih tinggi akan menyedot arus yang tinggi pula. Karena kelistrikan diambil dari spool ac paralel , maka berpengaruh pada sinar  lampu depan  akan meredup.  Sehingga kebutuhan dan kelengkapan generator HHO yang pas harus dipakai PWM.

Pembuang Panas ( Heatsink )
Pada rangkaian PWM, pemakaian heatsink sebenarnya tidak boleh asal-asalan. Saya mencoba dengan heatsink alminium yang gak terlalu kecil dibandingkan dengan transistor MOSFET. Seteleh selesai semua percobaan dengan adaptor terlebih dahulu. Hasilnya berhasil jalan dengan aman selama kurang lebih 15 menit aman-aman saja . Pada menit selanjutnya heatsink ternyata panas juga. Wah , heatsink harus dirubah jadi lebih besar nich, soalnya besar ukurannya belum dihitung.
Sebelum mengganti dengan ukuran yang lebih besar, terkendala dengan penempatan dibawah sadel yang mefet sekali. Bagaimana yach? pusing tujuh keliling. Setelah putar otak, kayaknya yang pas dengan heatsink yang siripnya tidak tinggi. Untuk urusan panjang tak masalah, digergaji aja disesuaikan dengan besarnya tempat dibawah sadel.

3 komentar:

  1. dmana kira2 ada jual PWM tuk motor ya ??? saya pakai buat new smash

    BalasHapus
  2. berapa harga pwm tuk kendaraan roda satu dan dua

    BalasHapus
  3. berapa harga pwm tuk kendaraan roda satu dan dua

    BalasHapus